Sabtu, 25 September 2010

BAB III

METODOLOGI

A. Penentuan jenis kegiatan, Waktu, Tempat, dan Penanggung jawab

Berdasar latar belakang di atas dan keterbatasan waktu penyelenggaraan kuliah Kerja Nyata (KKN) ini, maka dalam penentuan perogram kerja di lapangan kelompok V lebih memilih program-program yang bersifat edukatif dan religi.

Program-program tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bidang pendidikan & keagamaan

a. Bimbel (bimbingan belajar)

§ Belajar bersama mata pelajaran sekolah, bertempat di penginapan KKN yang dilaksanakan setiap hari ba’da maghrib. Dengan tujuan membiasakan belajar kelompok dan membantu menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) dari sekolah.

§ Belajar komputer, bertempat di penginapan KKN yang di lakasanakan setiap ba’da magrib. Dengan tujuan pengenalan pada anak pemuda mengerti tentang IT

§ Belajar membaca pidato yang baik untuk anak-anak madin, yang bertempat di madrasah pada tiap dusun. Yang bertujuan agar anak mampu menyampaikannya dengan baik.

§ Belajar puisi untuk anak.

§ Psikocam

§ Rol ply

§ Seminar kewanitaan

§ PAUD

b. Partisipan turba kelembaga pendidikan

Bentuk-bentuk kegiatan diantaranya :

§ Membantu mengetahui faktor pisikologi anak di RA setempat pada pagi hari

§ Membantu melatih siswa madrasah non formal diniyah/TPQ setempat pada sore hari untuk persiapan Haflah.

c. Partisipan program jam’iyah masyarakat yang sudah ada, di antaranya : jam’iyah istighosah putra & putri, diba’iyah, manaqibul karomah, khataman al-quran pengajian tiap minggu sekali yasinan tahlilan tiba’iyah dll.

Mengaji yasin bersama setiap hari ba’da magrib bertempat di penginapan KKN.

2. Bidang pengembangan SDM

§ Pelatihan wirausaha dan keterampilan

pelatihan ini meliputi:

§ Pelatihan keterampilan menghias lamaran, untuk ibu-ibu PKK di balai desa Trewung.

§ Pelatihan mebuat gantungan kunci, bros dan jepit untuk ibu-ibu PKK Balai Desa Trewung

§ Menggali potensi

kegiatannya meliputi : belajar bersholawat dan tarik suara (olah vokal), belajar drama, teknik berpuisi. Pidato, serta qiro’ah yang bertempat di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Desa Trewung.

§ Pelatihan membuat Smok

§ Pelatihan membuat tape ala bondowoso

3. Bidang sosial masyarakat

a. Baksos (bakti sosial) bentuk kegiatannya:

§ Membersihkan instansi pemerintahan desa dan polindes Trewung yang di laksankan pada tanggal 01 juli & 02 agustus 2010

§ Kerja bakti bersama masyarakat dusun kloto’an dilaksanakn pada tanggal 06 agustus 2010

b. Partisipan memperingati HUT RI

§ Mengadakan Volly tertutup, merias wajah dengan mata tertutup, balap karung, fashion show, untuk semua kalangan bertempat di balai desa Trewung.

B. Definisi operasional kegiatan

1. bidang pendidikan dan keagamaan

a. Bimbingan belajar (BIMBEL)

- Bimbingan adalah suatu kegiata pembelajaran dan pengarahan serta pendampingan pada sekelompok komunitas secara intensif guna terciptanya kader-kader yang kompeten dalam mengelola dan mengembangkan nilai-nilai pendidikan.

- Belajar adalah mengulang dan menelaah kembali pelajaran-pelajaran yang telah diterima, guna melestarikan pelajaran agar tidak lupa dan yang belum biasa agar biasa.

b. Kursus gratis komputer

- Kursus adalah kegiatan pengajaran secara intensif dan efisien (cepat)

- Gratis adalah pengajaran secara bebas tanpa ada beban biaya

- Komputer adalah alat elektronik teknologi informasi yan dapat bekerja secara otomatis dengan menggunakan program untuk mengelola data

c. bidang keagamaan

- Jami’yah adalah komunitas keagamaan masyarakat

- Istighosah adalah kegiatan masyarakat dimana masyarakat bersama-sama melakukan permohonan do’a

- Diba’iyah adalah kegiatan keagamaan masyarakat yang dilakukan bersama-sama mencurahkan rasa kasih sayang pada nabi muhammad SAW.

- Manaqibul karomah adalah kegiatan keagamaan masyarakat yang dilakukan bersama-sama mengingat sejarah perjuangan syaih abdul qodir jailani RA.

- Khataman al-quran adalah membaca alquran secara bersama-sama.

- Yasin adalah surat dalam al-quran yang biasanyan ditujukan kepada orang yang sudah mendahului kita.

2. Bidang pengembangan SDM

a. Silaturrahim ke Toko Pemuda

- Silaturrahim adalah menjalin hubungan persaudaraan dalam memperkuat ukhuwah persaudaraan.

- Tokoh adalah salah satu figur atau pimpinan yang sangat berpengaruh dalam satu komunitas.

- Pemuda adalah sekelompok manusia yang masih dama jenjang usia muda yang berkisar antara umur 17-30 tahun yang sebagai ujung tombak dan penggerak suatu komunitas.

b. Pelatihan Wirausaha & keterampilan

- pelatihan adalah suatu kegiatan pembelajaran dan pengarahan pada sekelompok komunits secara intensif untuk mendalami dan mempelajari suatu hal dalam waktu yang singkat.

- wirausaha adalah suatu kegiatan dalam bidang usaha yang dilakukan tanpa adanya ikatan (mandiri) untuk mengangkat sektor ekonomi baik indVidu maupun kelompok agar menjadi lebih baik.

- keterampilan adalah suatu kegiatan untuk mengasah bakat dan menggalih potensi yang dimiliki untuk menjadi lebih terampil.

3. Bidang sosial masyarakat

a. Baksos(Bakti Sosial)

- Bakti adalah suatu pengabdian yang dilakukan oleh seseorang kepada masyarakat (orang lain) sebagai sumpah atau janji yang diemban.

- Sosial adalah sekumpulan indVidu yang terhimpun dalam kelompok yang terikat norma dan peraturan yang telah disepakati bersama.

b. Partisipan Peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus

- Partisipan adalah partisipasi atau ikut serta dan andil dalam suatu kegiatan demi mensukseskan kegiatan.

- Peringatan adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengenang jasa para tokoh sebagai ucapan rasa syukur kepada-Nya.

- Kemerdekaan 17 Agustus adalah hari kemerdekaan nasional Republik Indonesia (kebebasan) ibu pertiwi Indonesia dari segala macam bentuk penjajahan.

C. solusi, kegiatan yang telah dilakukan kelompok KKN

Perjalanan waktu demi waktu tidak terlepas dengan adanya permasalahan yang menjadi hambatan ditengah jalan. Begitu juga dengan kami mahasiswa KKN kelompok V dalam menjalankan program tidak selalu berjalan dengan sukses tanpa kendala sedikitpun,baik dalam bidang pendidikan dan keagamaan ,bidang pengembangan SDM, juga dalam bidang sosial kemasyarakatan oleh karena itu dalam setiap kali kelompok V mengalami permasalahan atau kebuntuan dalam melaksanakan kegiatan untuk mencari solusi yang tepat dan menjadi alternatif yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan dengan baik.Diantara solusi-solusi itu antara lain :

1. Dalam Bidang Pendidikan & Keagamaan

Dalam bidang pendidikan masyarakat Trewung tergolong masyarakat yang masih berkesadaran minim terhadap pentingnya pendidikan.Pendidikan dianggap hal yang tidak begitu urgen bagi sebagian dusun,meskipun demikian ada beberapa dusun yang sudah berpendidikan baik yang peduli akan pendidikan agama dan pendidikan formal.Ada beberapa faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk tidak menghiraukan pentingnya pendidikan antara lain faktor ekonomi,kebiasaan atau adat yang terjadi dimasyarakat yang beranggapan bahwa perempuan meskipun berpendidikan tinggi tetap kembali pada tugasnya sebagai ibu rumah tangga sehingga mengharuskan mereka pada usia diatas 10 tahun harus sudah berumah tangga.Melihat fenomena tersebut mahasiswa KKN kelompok V akhirnya memberikan motVasi,wawasan dan pandangan tentang pentingnya pendidikan terhadap kesejahteraan pribadi dan kemakmuran masyarakat.

Bentuk penyampaiannya diinformasikan dengan melakukan pemutaran film edukatif dan pendekatan silaturrahmi pada pemuda-pemudi disana,agar generasi muda dapat melanjutkan pendidikan.mahasiswa KKN kelompok V juga memberikan pelajaran tambahan pada siswa-siswi usia sekolah dengan mengadakan kursus komputer dan keterampilan untuk menambah motVasi tersendiri kepada mereka.

Dalam bidang keagamaan masyarakat Trewung sebagian sudah mengalami kemajuan. Namun sekarang masih mengalami kejenuhan karena kegiatan keagamaan yang dilakukan ortodoks dan masyarakat Trewung masih mengadopsi kepercayaan adat yang di anut oleh nenek moyang mereka, sehingga mahasiswa KKN kelompok V tidak bisa memberikan kontribusi yang lebih.

Meskipun demikian kita mencoba untuk mengikuti alur kegiatan keagamaan yang ada didesa tersebut, seperti ikut berpartispasi dalam kegiatan jam’iyah masyarakat. Dan kami mencoba melakukan sedikit langkah kecil bekerjasama dengan lembaga pendidikan keagamaan yang ada didesa Trewung.

2. Bidang Pemuda dan Pengembangan SDM

Dalam Bidang Pemuda dan Pengembangan SDM, mahasiswa KKN kelompok V mengawalinya dengan mencoba pendekatan terlebih dahulu, serta berpartisipasi dalam kegiatan haflah dipesantren dengan ikut mensukseskan melatih mereka, sehingga dengan cara seperti itu kita dapat melakukan kegiatan dengan mengajak mereka untuk turut mensukseskan HUT RI.

Dengan mengikut sertakan pemuda dalam kepanitiaan serta berkomunikasi yang baik dengan menggunakan bahasa organizing dalam suatu kegiatan yang dilaksanakan.disamping kami mencari solusi untuk mengaplikasikan program yang telah kami rencanakan dengan melatih mereka membuat proposal permohonan dana untuk tercapainya kegiatan tersebut.

Bertujuan memberikan wawasan sumber daya manusia para pemuda diantaranya program pengembangan SDM, yaitu kursus komputer, design grafis. Dalam pelatihan tersebut kami juga mendapatkan kendala, yang pertama sulitnya teknologi komputer yang tersedia hanya dengan 1 laptop kita memberikan pelatihan,selain itu laptop tersebut juga digunakan untuk keperluan yang lain.

Meskipun demikian kami semangat karena bagi mereka kami anggota KKN menjadi teman baru bagi mereka serta sebagai teman shering untuk mendapatkan pengetahuan baru. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan Gratigan silaturrahmi para pemuda.

3. Bidang sosial masyarakat

Dalam bidang sosial kemasyarakatan, kami kelompok KKN mencoba menerapkan sedikit dari sistem PAR, yakni mencoba menganalisa permasalahan yang ada didesa ditangani bersama oleh desa dengan kebersamaan gotong royong.

Bukan dari kami saja namun partisipasi warga untuk memberikan solusi yang terbaik untuk desanyan dalam pendekatan silaturrahmi kami dengan bapak kepala desa dan perangkat desa, telah mewujudkan beberapa kegiatan diantaranya baksos (bakti sosial) bersama membersihkan lingkungan dalam rangka memperingati HUT RI ke -65 dan haflah imtihail imtihan pondok pesantren di desa Trewung.

Dengan bantuan mereka secara serentak dan penuh gotongroyong semua warga dengan peserta KKN kelompok V melakukan kegiatan bersama. Alhamdulillah kegiatan yang diadakan berbentuk jalan sehat dengan bantuan warga setempat dengan penjualan kupon pada masyarakat berjalan denga sukses, yang menjadi penunjang bagi warga masyarakat adalah kegiatan pertama kali didesa Trewung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar